Keadaan yang Dapat Terjadi Akibat Kurang Tidur

Tidur mempunyai peranan yang penting bagi tubuh manusia, karena ketika sedang tidur tubuh manusia akan merawat mental dan fisik kita. Fungsi ini sangat penting agar tubuh mendapatkan kesegaran ketika bangun, sehingga akan siap menjalani aktifitas seharian. Selain hal itu, tidur ternyata juga turut ikut serta dalam hal menunjang pertumbuhan, terutama pertumbuhan pada anak, karena ketika sedang tidurlah hormon hormon pertumbuhan dikeluarkan.

Akibat kurang tidur biasanya membuat Anda terlihat lelah ketika bangun tidur, selain itu akibat kurang tidur malam juga akan menyebabkan Anda menguap sepanjang hari. Manusia mempunyai kebutuhan tidur yang berbeda beda, tapi pada normalnya tubuh manusia membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk beristirahat atau tidur. Tapi bagi anak dan remaja, kebutuhan akan tidurnya setengah jam sampai satu jam diatas kisaran tidur yang normal.akibat kurang tidur dan kurang istirahat

Keadaan Akibat Kurang Tidur

Penuaan Dini

Akibat kurang tidur yang pertama adalah terjadinya penuaan dini. Ada sebuah penelitian pada wanita yang kurang jam tidurnya, membuat kulit mereka kehilangan kemampuan kulit untuk menangani akibat yang terjadi dari efek buruk paparan sinar ultraviolet. Selain itu, hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa akibat kurang tidur bagi wajah, dapat menunjukkan tanda tanda dari penuaan dini.

Kesuburan Terganggu

Bagi pasangan yang sedang menanti datangnya buah hati tapi tak kunjung tiba,hal ini dapat terjadi akibat kurang tidur yang memang dapat menurunkan kesuburan. Ketika tidur, banyak fungsi pada tubuh yang tetap aktif, salah satunya sistem endoktrin yang berfungsi mengatur kesuburan. Akibat kurang tidur malam bagi wanita dan pria adalah kekurangan hormon esterogen, progresteron, leptin, prolaktin, LH, dan FSH.

Menyebabkan Depresi

Akibat kurang tidur bagi ibu hamil dapat membuat otak merasa lelah, sehingga membuat fungsinya tidak bekerja secara maksimal. Padahal ketika seorang perempuan sedang mengandung memerlukan jam tidur yang cukup demi kesehatannya dan buah hati dalam kandungan. Akibat kurang tidur juga dapat meningkatkan produksi hormon kortisol, hormon tersebut yang mengatur tingkat kesetresan pada manusia.

Penurunan Sistem Imun

Hal buruk yang akan terjadi akibat kurang tidur pada bayi adalah kerja sistem imun tubuh menjadi menurun yang menyebabkan tubuh menjadi mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh virus. Lalu bila sudah terserang penyakit tertentu, waktu yang dibutuhkan untuk sembuh akan menjadi lebih lama apalagi bagi bayi yang memang masih sangat rentan terkena penyakit.

Menyebabkan Obesitas

Jam tidur yang kurang juga dapat menyebabkan badan seseorang menjadi lelah dan malas untuk melakukan olahraga, dengan malas berolahraga membuat lemak berlebih yang ada di tubuh menjadi menumpuk yang dapat menyebabkan obesitas. Selain itu, ketika seseorang jam tidurnya kurang, akan mengganggu hormon yang berfungsi mengatur nafsu makan sehingga membuat seseorang tersebut terus merasa lapar.

Berkurangnya Daya Ingat

Ketika tidur, pemindahan memori jangka panjang di otak sedang berlangsung. Sebaliknya jika kekurangan tidur, pemindahan memori jangka panjang yang harusnya berlangsung secara lama, justru pemindahan tersebut akan dilakukan secara cepat dan singkat oleh otak, hal itu menyebabkan memori jangka panjang tidak dapat dipindahkan secara sempurna dan akan membuat Anda kesulitan untuk mengingat sesuatu.

Untuk dapat menunjang kegiatan Anda sehari hari, salah satu caranya adalah dengan menerapkan jam tidur yang baik sekitar 7 jam sampai 8 jam. Karena akibat kurang tidur mempunyai banyak sekali efek buruk bagi tubuh. Maka dari itu tidur merupakan aktifitas yang sangat diperlukan bagi tubuh apa lagi bagi Anda yang memiliki kegiatan banyak dan melelahkan setiap hari. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat positif bagi Anda. Terimakasih. Baca juga: Cara Tidur Nyenyak Di Malam Hari

Keadaan yang Dapat Terjadi Akibat Kurang Tidur | vargas | 4.5