Tips Membersihkan Telinga pada Bayi

Telinga adalah bagian anggota tubuh yang terkadang perawatannya sering dilupakan, padahal setidaknya bagian luarnya mudah untuk dibersihkan. Jika Anda dalam membersihkan telinga menggunakan metode yang salah, pembersihan telinga pada bagian dalam justru akan menyebabkan kotoran di telinga lebih banyak. Lilin yang ada di dalam telinga umumnya berupa gumpalan lunak. Kotoran yang ada ditelinga adalah hasil produksi alami dari kelenjar minyak di bagian telinga yang sebenarnya berfungsi untuk melindungi telinga dari masuknya air.

Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan, kotoran yang ada ditelinga memiliki fungsi sebagai bakterisida yang bisa menghalangi tumbuhnya berbagai jenis bakteri merugikan. Tapi, jika kotoran yang menumpuk ditelinga sudah sangat banyak, justru hal itu akan menimbulkan ketidaknyamanan dan masalah pendengaran. Kotoran telinga dapat dibersihkan, tapi berhati hatilah ketika melakukannya, jangan sembrono dan terburu buru apa lagi jika ingin membersihkan telinga bayi. Berikut beberapa tips membersikan kotoran yang ada di telinga.cara membersihkan telinga bayi

Beberapa Tips Membersihkan Telinga pada Bayi

Menggunakan Minyak Zaitun

Untuk membersihkan telinga yang pertama menggunakan minyak zaitun, ini merupakan cara membersihkan telinga secara alami yang dapat dilakukan untuk para bayi. Hal pertama yang dilakukan adalah mencelupkan sedikit kapas ke minyak zaitun yang sudah dihangatkan, lalu peras kapas tersebut, kemudian masukan serta posisikan kapas tersebut ditelinga sampai mengenai kotorannya, lalu tunggu 5 sampai 15 menit, kemudian keluarkan kapas dari dalam telinga bayi.

Menggunakan Baby Oil

Tips atau cara selanjutnya untuk membersihkan telinga adalah membersihkan telinga dengan baby oil. Cara melakukannya sangat mudah, pertama teteskan baby oil pada kapas jangan sampai terlalu berlebihan, masukan dan posisikan kapas tepat pada kotoran telinga, tunggu sebentar, lalu keluarkan kapasnya dari dalam telinga. Baby oil memiliki tekstur yang sangat lembut serta tidak berbahaya atau tidak memberikan efek samping pada kulit terutama pada kulit bayi yang masih sagat sensitif.

Menggunakan Bawang Putih

Membersihkan telinga selanjutnya adalah membersihkan telinga dengan bawang putih. Caranya adalah pertama tama siapkanlah beberapa bawang putih, lalu bawang putih tersebut dihancurkan sampai benar benar halus, kemudian masukkanlah atau letakkan bawang putih tersebut ke sendok dan panaskan sendok di atas lilin. Tunggu sampai bawang putih yang dipanaskan mengeluarkan cairan semacam minyak, kemudian teteskanlah beberapa tetes minyak ke dalam telinga.

Menggunakan Larutan Garam

Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh garam dengan 125 cc air hangat ke dalam gelas, aduk hingga garam larut, rendamlah kapas di dalam larutan tersebut, angkat kapas yang telah direndam lalu peras agar larutannya tidak berlebihan, jika sudah diperas masukkanlah beberapa tetes larutan tersebut ke dalam telinga, setelah membasahi liang telinga, tunggu beberapa saat lalu miringkan telinga untuk mengeluarkan larutan garam. Lakukan dengan duduk dan dengan hati hati.

Menggunakan Minyak Kelapa

Caranya adalah tuangkan minyak kelapa dalam sendok, lalu sendok tersebut dipanaskan dengan lilin atau kompor hingga terasa hangat, lalu celupkan kapas yang terlebih dahulu dibentuk seperti bola kecil kemudian diperas, selanjutnya kapas bulat tersebut dimasukan ke telinga bayi, lalu bersihkan dengan hati hati. Manfaat kehangatan dari minyak kelapa ini adalah untuk merontokkan atau menggugurkan kotoran yang sudah menumpuk di dalam telinga.

Perlu diperhatikan, ketika membersihkan telinga bagian dalam sebaiknya tidak menggunakan cotton bud. Karena dikhwatirkan akan mengenai jaringan yang sangat lunak di dalam telinga, sehingga rentan terhadap infeksi dan juga dapat merusak gendang telinga. Semoga tips diatas dapat menjadi tambahan wawasan Anda.

vargas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *