Hal yang Mungkin Terjadi Akibat Tidak Sarapan Pagi

Banyak orang yang sering melewatkan waktu sarapan pagi tanpa mengetahui akibat tidak sarapan pagi yang mungkin akan terjadi pada tubuh. Alasan mereka melakukannya karena sudah kebiasaan untuk tidak sarapan, atau memang tidak mau makan terlalu pagi karena malas makan dan juga kondisi perut yang belum lapar. Jika Anda sering melewatkan waktu sarapan makan dapat berdampak buruk untuk kondisi tubuh. Padahal sarapan sangat diperlukan untuk menunjang kegiatan Anda setiap harinya.

Tubuh manusia membutuhkan banyak energi untuk melakukan berbagai macam rutinitas setiap harinya. Tubuh mendapatkan energi melalui apa yang dimakan atau dikonsumsi. Sarapan pagi merupakan cara yang tepat untuk mendapatkan energi tersebut. Selain itu dengan sarapan Anda akan mendapatkan manfaat seperti, menjaga berat badan, meningkatkan konsentrasi, mengurangi terserang penyakit diabetes, mencegah naiknya asam lambung, dan sebagainya. Nah dibawah ini bahaya tidak sarapan pagi untuk tubuh manusia.akibat tidak suka sarapan pagi

5 Hal yang Akan Terjadi Akibat Tidak Sarapan Pagi

Mudah Lelah

Sarapan sebenarnya adalah cara bagi manusia agar mendapatkan asupan energi secara cukup untuk memenuhi kebutuhan energi setiap harinya. Maka dari itu, jika orang dewasa ataupun anak-anak, tidak sarapan akan berdampak sangat buruk bagi kesehatan. Khusus nya bagi anak-anak, pada akibat tidak sarapan pagi bagi anak sekolah adalah anak tersebut akan mudah merasakan lelah walaupun tidak melakukan aktifitas ataupun kegiatan yang berat. Selain lelah fisiknya akibat tidak sarapan pagi juga akan membuat fikiran mudah lelah serta sulit untuk berkonsentrasi.

Mengganggu Keseimbangan Hormon

Akibat tidak sarapan pagi selanjutnya adalah dapat mengganggu kesimbangan hormon. Hormon manusia mempunyai irama yang nyaris tetap setiap hari, maka dari itu kebiasaan buruk akan mempengaruhi kerja dari hormon. Gangguan pada hormon sering terjadi pada orang yang melewatkan waktu sarapan sehingga akan mengalami gangguan kestabilan pada gula darah atau hormon insulin, ini merupakan efek tidak sarapan pagi. Maka dari itu jangan pernah lewatkan sarapan pagi karena hal itu sangat penting.

Makan Menjadi Lebih Banyak

Ketika Anda melewatkan waktu sarapan pagi, sebenarnya Anda membiarkan perut dengan keadaan kosong dalam waktu yang lama, sehingga menyebabkan pada waktu siang hari Anda akan memakan dengan porsi banyak untuk dapat memenuhi kebutuhan yang diperlukan tubuh. Bila kebiasan tidak sarapan terus diulang dalam waktu yang lama, akan meningkatkan kecenderungan untuk makan lebih banyak, mengakibatkan timbunan lemak menjadi berlebihan, dan itu merupakan akibat tidak sarapan pagi.

Mood Menjadi Jelek

Orang yang memiliki kecenderungan tidak sarapan pagi biasanya mempunyai mood yang tidak stabil ataupun jelek. Hal ini merupakan bahaya tidak sarapan pagi hari. Tubuh merupakan kesatuan antara pikiran dan fisik, jasmani dan rohani. Bila terjadi suatu gangguan pada fisik, tentu dapat mempengaruhi mood atau pikiran. Sarapan pagi biasanya mempengaruhi mood dari seseorang, maka dari itu bagi orang orang yang membiasakan diri dengan sarapan pagi, umumnya mempunyai mood yang baik.

Sakit Maag

Dampak negatif tidak sarapan pagi salah satunya adalah menyebabkan sakit maag, kebanyakkan orang yang memiliki keluhan sakit maag biasanya mempunyai kebiasaan untuk melewatkan sarapan pagi dengan berbagai macam alasan. Tidak sarapan sangat kental kaitannya dengan sakit maag karena naiknya asam lambung secara berlebihan, sedangkan tidak ada makanan yang masuk untuk diproses oleh lambung. Maka dari itu bagi Anda yang tidak ingin mengalami sakit maag, sebaiknya rutin melakukan sarapan.

Sarapan pagi bagi sebagian orang memang terasa berat, apalagi jika orang tersebut mempunyai aktifitas pagi yang berat tanpa memikirkan akibat tidak sarapan pagi. Maka sebaiknya jangan pernah sekali kali meninggalkan waktu sarapan pagi. Semoga penjelasan diatas bermanfaat.

, , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *